GUEST LECTURE “Production and Direct Use of Geothermal Energy”


Demi membuka wawasan tentang Geothermal Energy, SM IATMI UPN “Veteran ” Jogjakarta mengadakan Guest Lecture yang dibuka untuk mahasiswa teknik perminyakan UPN”Veteran” Jogjakarta dengan mengangkat tema : “Production and Direct Use of Geothermal Energy” acara berlangsung pada pukul 09.00 bertempat di ruang AL.A.3.1 Jurusan Teknik Perminyakan.
Acara diikuti oleh 44 peserta umum dan 25 orang board IATMI. Sebagai pembicara adalah Bapak Ir. Fachrul Subarkah, dipl, geoth, eng. Beliau merupakan  Sr.OE-HES Engineer Chevron. Acara ini dibuka oleh Ir.H.Avianto Kabul Pratikyo,MT selaku Sekretaris Jurusan Teknik Perminyakan UPN “Veteran ” Jogjakarta. Antusiasme peserta terlihat saat mendengarkan penjelasan dari beliau, yang tak lain juga alumnus jurusan Teknik Perminyakan UPN “Veteran ” Jogjakarta tahun 1988.
Seperti kita ketahui, potensi panas bumi Indonesia tahun 2011 mencapai 29.038 mega watt (MW). Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian ESDM per Desember 2010, potensi panas bumi kita mencapai 29.038 MW, yang terdapat di 276 lokasi. Lebih lanjut, potensi panas bumi tersebut terdiri dari potensi sumber daya sebanyak 13.171 MW dan potensi cadangan sebesar 15.867 MW. "Potensi sumber daya, terdiri dari potensi spekulatif sebesar 8.780 MW dan potensi hipotesis sebesar 4.391 MW. Sedangkan, potensi cadangan terdiri dari potensi terduga sebanyak 12.756 MW, potensi mungkin sebanyak 823 MW, dan potensi terbukti sebanyak 2.288 MW.
Adapun, lokasi panas bumi per wilayah sebagai berikut: Pulau Jawa 71 lokasi, Sumatera 86 lokasi, Bali dan Nusa Tenggara 27 lokasi, Kalimantan 8 lokasi. Selanjutnya, Sulawesi 55 lokasi, Maluku 26 lokasi, dan Papua 3 lokasi.
Pada prinsipnya proses eksplorasi, pemboran dan produksi di panas bumi adalah sama dengan proses yang ada di industri minyak dan gas. Perbedaannya hanyalah jenis fluida yang diambil, yaitu di panas bumi kita mengambil uap panas sedangkan di migas kita mengambil minyak / gas. Sedangkan dari segi peralatan dan cara kerja adalah sama.
Bagaimana? Anda tertarik mengenai Geothermal Energy?
Sesi penyerahan momento oleh chairman IATMI, Fariz Nizar dan foto bersama menutup rangkaian acara Guest Lecture ini.
Sekilas berita, sampai jumpa di Guest Lecture IATMI berikutnya.
           
            YTA/PR/11

Previous
Next Post »