RAISE 2014 (Rangkaian Acara Iatmi Satukan Energi) "20 September – 11 Oktober"



IATMI SM UPN “Veteran” Yogyakarta pada bulan September yang lalu mengadakan sebuah event terbesar yang merupakan agenda tahunan yaitu Rangkaian Acara IATMI Satukan Energi 2014 (RAISE 2014). Event yang dilaksanakan dimulai dari 20 September – 11 Oktober 2014 ini merupakan RAISE yang ke 3 dimulai dari tahun 2012. Dan kali ini RAISE 2014 bertemakan “ Enhancing The Young Generation to Heading The Future Energy Challenges”.


Diawali dengan acara Inspiring Talk padahariSabtu (20/9/2014) lalu, yang bertemakan “From Zero to Hero” dan bertempat di Ruang Seminar FakultasTeknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Padaacarainidilakukan penyerahan piala RAISE dari ketua RAISE 2013 Floriano Sancho kepada I GustiAgung sebagai ketua RAISE 2014, serta dipukulnya gong olehBapakNurSuhascaryo sebagai ketua program studiTeknikPerminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta, yang merupakan tanda RAISE 2014 resmi dimulai. Untuk Ispiring Talk kali ini ,diisi oleh Bapak Amrullah Hasyim dan Bapak Timbul Krishartanto yang mana keduanya merupakan alumni dari UPN dan telah memiliki pengalaman dan track record yang bagus dalam industri migas serta mereka telah memiliki perusahaan sendiri dalam bidang migas ataupun unconventional energy. Dari situlah, sharing yang ada di acara ini sangat menginspirasi bagi para pesertanya.


Acara selanjutnya pada tanggal 23 September 2014 diselenggarakan Poster Competition yang pesertanya merupakan angkatan 2013 & 2014 Se-Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Acara yang bertempat di Ruang Seminar FTM ini bertemakan “Energi Masa Depan”. Acara ini diikuti oleh 6 tim dan diputuskan bahwa juara 1 nya jatuh pada Tim Algae, juara 2 Tim Batik , dan juara 3 Tim Energy.


            Acara selanjutnya yaitu Debate Competition, yang mana acara ini dimulai dengan babak penyisihan dan babak semifinal pada Minggu,  21 September 2014 di Gedung Teknik Perminyakan UPN, yang diikuti oleh 10 tim yang berasal dari mahasiswa teknik universitas Se-Yogyakarta. Dari babak tersebut didapatkan 2 timuntukmajukebabakfinal yang diadakanpadatanggal 23 September 2014. Kedua tim tersebut antara lain tim “Radioaktif” dan tim “Yang Mana”, yang semuanya berasal dari BATAN DIY. Dan dari babak final didapatkan bahwatim “Yang Mana” menjadi juara 1 dan tim “Radioaktif” menjadi juara 2.



Acara selanjutnya adalah Smart Competition yang diadakan pada tanggal 25 September 2014 di Ruang Seminar FTM UPN. Peserta terdiri dari UPN (4 tim), ITB (1 tim), UGM (3 tim), UNDIP (2 tim),  Akamigas Balongan (3 tim). Dimana didapatkan untuk juara 1 adalah Tim UPN (2012), juara 2 adalah Tim UPN (2011), dan juara 3 adalah Tim Akamigas Balongan.




Di hari yang sama dengan Smart Competition diadakan juga lomba Geothermal Rig Design Competition yang bertempat di Ruang Seminar Fakultas Pertanian UPN. Pesertanya terdiri dari 6 tim yaitu 4 tim dari UPN, 1 tim dari UGM, dan 1 tim dari ITB. Setelah para peserta mempresentasikan model geothermal rig mereka di hadapan para juri, serta dilakukan tanya-jawab dengan juri, uji kekuatan dan keringanan dari model rigmaka didapatkan bahwa juara 1 adalah Tim Abimanyu (UPN), juara 2 adalah Tim Minaret-122 (ITB),dan juara 3 tim Antareja (UPN).



Selanjutnya pada tanggal 26-27 September ada Iatmi Open Series. Iatmi Open Series adalah perlombaan badminton ganda putra untuk mahasiswa Se-Fakultas Teknologi Mineral UPN, dan diikuti pula oleh para dosen untuk pertandingan hiburan. Bertempat di Depok Sport Center Yogyakarta serta diikuti oleh 4 pasangandari teknik perminyakan, 4 pasangan dari teknik geologi, 4 pasang dariteknik pertambangan,  2 pasang dari teknik geofisika, dan 1 tim dari teknik lingkungan. Dan juara 1 berhasil diraih oleh Khatan-Rudi (Geofisika), juara 2 di raih oleh Zaki-Yholand (Perminyakan), dan juara 3 di raih oleh Damar-Ilham (Lingkungan).




Acara selanjutnya adalah Social And Go Green Activity yg dilaksanakan pada tanggal 28 September 2014 yg bertempat di kawasan Gunung kendil, Kec. Ponjong, Gunung Kidul.Acara ini dihadiri pula oleh perwakilan UPN, perwakilan PonPes Al-Mukmin, dan perwakilan TK RA Masyithoh yang berasal dari lingkungan sekitar lokasi acara ini. Acara terdiri dari penanaman pohon secara simbolis sebanyak 10 pohon dari 1500 pohon yang akan ditanam di lokasi tersebut. Selain itu ada kegiatan lomba mewarnai untuk murid-murid TK RA Masyithoh dan pemberian bantuan dana serta sejumlah perlengkapan sehari-hari untuk PonPes Al-Mukmin.



Dan pada tanggal 11 Oktober 2014 RAISE 2014 ini ditutup dengan acara Diskusi Panel yang bertemakan “ Sinergi Pemerintah, Peneliti, dan Perusahaan dalam Perkembangan Bidang IOR untuk Meningkatkan Perolehan Minyak Indonesia”. Bertempat di Ruang Seminar Fakultas Pertanian UPN, acara ini diisi oleh 2 pembicara yaitu Ir. Moh. Rivai Lasuhido (Kepala Dinas Penerapan EOR SKK Migas) dan Amini Fanandi (GM Operations Support PGPA Chevron IndoAsia Business Unit) serta dimoderatori oleh Dr.Ir.Dedy Kristanto, M.Sc (dosen Teknik Perminyakan UPN). Sesi pertama yang diisi oleh pemberian materi dari Bapak Rivai Lasuhido, menjelaskan tentang peran-peran dari pemerintah, peneliti dan perusahaan dalam bidang IOR berikut contoh-contoh pelaksanaan yang telah dilakukan dimana peran pemerintah disini bisa menjadi fasilitator antara peneliti (perguruan tinggi) dengan perusahaan. Sedangkan pada sesi kedua yang diisi oleh Bapak Amini Fanandi, menjelaskan tentang hal-hal teknis mengenai IOR, berikut contoh-contoh pelaksanaan IOR yang berhasil di terapkan pada lapangan-lapangan Chevron di Indonesia. Dan sesi terakhir yaitu diskusi panel, dimana disini terjadi tanya jawab antara peserta dengan pembicara. Setelah itu, di akhir acara ini dilakukan penutupan RAISE 2014 yang ditandai dengan pengembalian piala RAISE dari ketua RAISE 2014 yaitu I Gusti Agung kembali kepada IATMI SM UPN yang diwakili oleh Chairman IATMI SM UPN yaitu Rifky Adhatama.


Previous
Next Post »